HMSTimes - What Happened Today? APTIKNAS Kepri Menolak Diberlakukan KEK Di Kota Batam | HMSTIMES
You are here
Home > HMSFinance > Ekonomi Bisnis > APTIKNAS Kepri Menolak Diberlakukan KEK Di Kota Batam

APTIKNAS Kepri Menolak Diberlakukan KEK Di Kota Batam

HMSTimes.com, Batam- Wacana pemerintah pusat menerapkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Batam mendapat banyak penolakkan dari masyarakat Batam, terutama para pengusaha dikota Batam.

Program KEK dianggap akan mendatangkan masalah baru bila diberlakukan di Batam, karena bisa menghambat pertumbuhan dunia usaha diluar KEK,  karena kehilangan daya saing.

FTZ dan KEK masing-masing memiliki kepentingan, hanya saja Kepentingan FTZ jauh lebih berdampak kepada masyarakat secara menyeluruh dibanding KEK yang hanya menghidupkan usaha di dalam kawasan khusus.

Ketua Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi (APTIKNAS) Kepri, Brian S. Lase mengatakan Batam jangan dijadikan bahan percobaan KEK yang kedua kali karena hal ini sudah pernah di coba pada tahun 2003 silam, namun mengalami kegagalan. Kalau dipaksakan KEK harus diberlakukan itu artinya memperparah kondisi ekonomi Batam yang masih terpuruk. Kami berharap pemerintah mengedepankan kepentingan masyarakat banyak. Karena bila FTZ di hapus maka dengan sendirinya harga komoditas naik secara signifikan. Mengapa demikian karena pengusaha harus membayar pajak PPN dan PPNBM sehingga dunia usaha tidak memiliki daya saing dan akhirnya gulung tikar, Minggu (27/05/2018)

Lebih lanjut Brian menyampaikan kepada HMSTimes.com, ” Menurut saya bila pemerintah pusat tetap memaksakan KEK diberlakukan di Batam dengan beberapa fasilitas yang konon sering di umbar ke masyarakat pengusaha. Maka lebih baik fasilitas itu dimasukkan kedalam kerangka FTZ sehingga tidak mengganggu dunia usaha yang ada “. terang Brian

Beberapa media memberitakan bahwa ada pengusaha yang mendukung pemberlakuan KEK di Batam yang sudah jelas-jelas tidak tepat karena Batam bukan daerah pabean. Dan bukan hanya itu saja ketika KEK ini diberlakukan maka ada masa transisi pengalihan FTZ  ke KEK yang memakan waktu tidak sedikit sehingga menggangu dunia usaha maupun calon investor yang akan menanamkan modalnya di kota Batam.

Demi keberlangsungan dunia usaha di Batam yang sedang bangkit dari keterpurukan selama dua tahun terakhir maka APTIKNAS Kepri Menolak diberlakukan KEK di Batam dan mendukung FTZ di Optimalkan demi masyarakat Batam yang lebih baik kedepan.

A.Zagoto

Editor : A.Z

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
%d blogger menyukai ini: