HMSTimes - What Happened Today? Ekonomi Batam Melambat, Pemko Batam Genjot Sektor Pariwisata | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > Ekonomi Batam Melambat, Pemko Batam Genjot Sektor Pariwisata

Ekonomi Batam Melambat, Pemko Batam Genjot Sektor Pariwisata

HMSTimes.com, Batam – Perekonomian Batam saat ini anjlok, pertumbuhan ekonomi yang lambat. Banyaknya perusahaan industri  tutup serta hengkangya para investor. Sehingga lapangan pekerjaan sempit dan banyak pengangguran. Untuk pembangunan Kota Batam butuh anggaran yang besar, dengan APBD terbatas menjadi suatu tantangan yang cukup besar di Pemerintah Kota Batam.

“Iklim investasi melemah, kesempatan kerja mulai terbatas dan tidak sedikit yang harus di rumahkan. Pertumbuhan ekonomi melambat sehingga terbatasnya APBD. Ini sebuah tantangan besar untuk membangun Batam”  kata Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad, saat berbuka puasa di rumah kediamannya, Rabu (21/6/2017) lalu.

Industri manufaktur mengalami perlambatan, bahwa galangan kapal di Batam telah menghadapi permasalahan. Dilihat dari perusahaan galangan kapal di kawasan Tanjung Uncung banyak yang tutup.

“Artinya industri manufaktur sudah dapat dipikirkan untuk mengganti ke roda ekonomi yang baru, adanya di pariwisata” ungkap Amsakar.

Dengan banyaknya orang masuk dan keluar Batam baik melalui pelabuhan domestik mau pun internasional serta Bandara Internasional dapat dimanfaatkan untuk penunjang sektor pariwisata.

“Kita punya pelabuhan Domestik Telaga Punggur, Sekupang, Batuampar, pelabuhan Internasional Batam Center, Harbourbay, Sekupang dan jadwal penerbangan kita hampir 36 line setiap hari, ini dapat dimanfaatkan untuk menggerakkan sektor pariwisata”, jelas Wakil Walikota Batam.

Pembangunan infrastruktur, hotel, memperindah Kota, keamanan yang kondusif menjadi faktor pendukung pariwisata. Di tahun 2017, pemerintah Kota Batam menarget wisatawan manca Negara sebanyak 2,5 juta jiwa. Dengan target tersebut berharap dapat memperbaiki perekonomian kota Batam membaik. Objek wisata, kuliner selaku pendukung sektor pariwisata, meeting, incentive, convention, and exhibition, menjadi andalan industri pariwisata Kota Batam. Kota Batam merupakan 10 Kota yang ditetapkan sebagai kota Mace di Indonesia.

Apa itu Mice ?. Mice “Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition” (Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran), dalam industri pariwisata atau pameran, adalah suatu jenis kegiatan pariwisata  di mana suatu kelompok besar, biasanya direncanakan dengan matang, berangkat bersama untuk suatu tujuan tertentu. Dunia MICE merupakan salah satu andalan pariwisata di beberapa negara maju. Dunia MICE merupakan salah satu dunia bisnis yang menjanjikan.

sr

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top