HMSTimes - What Happened Today? Edward Brando : Jelang Puasa Dan Lebaran Banjiri Stok Di Pasar Otomatis Harga Turun. | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > Edward Brando : Jelang Puasa Dan Lebaran Banjiri Stok Di Pasar Otomatis Harga Turun.

Edward Brando : Jelang Puasa Dan Lebaran Banjiri Stok Di Pasar Otomatis Harga Turun.

HMSTimes.com, Batam- Minggu depan Komisi 11 DPRD Kota Batam dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan akan memantau terkait kenaikan harga menjelang bulan puasa dan lebaran.

Edward Brando, SH, Ketua Komisi 11 DPRD kota Batam, mengatakan, senin atau selasa  akan berkoordinasi dengan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  menyangkut masalah kenaikan harga,  terutama dengan dinas perindustrian dan perdagangan, Rabu (9/5/2018).

Kita harus mengetahui dulu kenaikan harga itu akibat dari distributor pertama atau distributor terakhir, atau setelahnya.

Untuk tahun lalu kenaikan harga memang akibat dari distributor pertamanya, kalau yang bawah sebenarnya ngikut aja, kalau harga belinya mahal jualnya juga mahal.

“Kalau untuk kontrol pasar bisa aja, kita banjirin pasar otomatis harga akan turun, klo barang sedikit otomatis harga akan naik, Ujarnya.

Ia juga menambahkan, Kalau kita melakukan sidak di pasar itu kurang efektif, seandainya mereka jual mahal ternyata memang harga belinya sudah tinggi akan tidak efektif.

Kita dilarang impor untuk melindungi dari pada peternak atau petani lokal, tapi disisi lain hasil petani lokal dan hasil peternak lokal belum bisa memenuhi kebutuhan secara nasional, akhirnya impor itu di butuhkan, tetapi harus melalui analisa yang panjang, makanya impor di daerah bergantung dari kementerian.

“Klo di batam hasil peternakan dan pertanian sedikit, berdasarkan kebutuhan masyarakat batam maunya Pemko Batam dan DPRD Batam di impor aja karna harga lebih murah,” ujar Edward.

Tapi kita juga harus menyelaraskan dengan kepentingan nasional, karna secara nasional juga harus memikirkan nasib petani dan peternak secara menyeluruh, tutupnya.

Yuyun

Editor : A.Z

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top