HMSTimes - What Happened Today? Dinas Sosial P2PA Salurkan Program PKH Dan Sosialisai BPNT Di Kecamatan Serasan Dan Serasan Timur | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > Dinas Sosial P2PA Salurkan Program PKH Dan Sosialisai BPNT Di Kecamatan Serasan Dan Serasan Timur

Dinas Sosial P2PA Salurkan Program PKH Dan Sosialisai BPNT Di Kecamatan Serasan Dan Serasan Timur

HMSTimes.com, Natuna – Kegiatan dianggap penting dan sangat strategis sebagai upaya sinkronisasi program kegiatan antara dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dengan kementerian sosial RI. Kegiatan berlangsung di kantor camat Serasan dan Camat Serasan Timur, Kabupaten Natuna. Hari dan tanggal yang sama (25/6/2019).

Dihadiri kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindubgan Anak Natuna, Kartina Riauwita beserta rombongan, Sekcam Serasan Wendriady,S.Sos dan Camat Seraan Timur Khaidir.SE para Kades,Kapolsek, Babinkamtibmas, Babinsa, Koordinator PKH, TKSK dan keluarga Penerima manfaat (KPM) Rastra, dan lain sebagainya yang menghadiri.

Program BPNT sebanyak 117 Keluarga Penerima manfaat di kecamatan Serasan, dan Serasan Timur berjumlah 85 Keluarga. Keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan sebanyak 71 keluarga di kecamatan Serasan, dan 36 keluarga di kecamatan Serasan Timur.

Kartina juga menghimbau kepada elemen teknis Program Keluarga Harapan di Kecamatan Serasan dan Serasan Timur agar supaya memberikan data faktual, petugas yang melakukan survey di rumah penduduk yaitu dari desa melalui petugas desa.

Semua penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), di wajibkan dan atau menjadi sebuah keharusan pemasangan striker dari Kemensos melalui Dinsos, untuk dipasang dirumah masing-masing penerima. Pembuktian bahwa yang bersangkutan telah menerima batuan program PKH dari Kementerian Sosial melalui Dinas Sosial di daerah kabupaten Natuna.

Kartina juga menjelaskan langkah sebuah bentuk sikap untuk menyalurkan bantuan dari pusat tepat sasaran. 4 komponen yang harus diperhatikan dalam program PKH. Merupakan basis data terpadu, mempunyai anak balita, keberadaan lansia dalam satu rumah tangga, penyandang disabilitas.

“Program Keluarga Harapan akan disalurkan secara 4 kali tahapan dalam satu tahun. untuk diketahui seluruh kepala desa diwilayah kabupaten Natuna, bahwasanya program dinas sosial  bantuan berupa alat bantu tidak ada”. Jelasnya Kartina Riauwita memberikan pemahaman kepada seluruh kades yang hadir di 2 kecamatan tersebutkan.

Kecamatan paling ujung dan sangat jauh dari Bunguran besar (Kota Ranai), dengan jarak tempuh 12 jam dari pelabuhan Selat Lampa, menuju sampai pelabuhan Serasan.

Kecamatan Serasan jalur terkhir di kabupaten Natuna, Propinsi kepulauan Riau, jalur pelayaran kapal penumpang KM.Bukit Raya menuju pontianak, propinsi Kalimantan Barat, dan destinasi akhir Surabaya.

Kartina juga mesosialisasikan program bantuan sosial (Bansos), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Kabupaten Natuna Tahun 2019.

Adapun manfaat dari bantuan beras sejahtera (Rastra) beralih ke Bantuan Pangan Non Tunai  (BPNT) yaitu lebih mudah, praktis, cepat dan aman. Mengurangi resiko kejahatan, waktu pengambilan bantu sosial yang lebih fleksibel.” Katanya.

Bantuan  Pangan Non Tunai juga merupakan bantuan dari pemerintah kepada penerima manfaat. Mengurangi beban pengeluaran, serta memberikan nutrisi yang lebih seimbang kepada keluarga penerima manfaat, secara tepat sasaran dan tepat waktu.

Pantauan HMSTimes.com dilokasi berlangsungnya kegiatan, dipenghujung sosialisasi yang berlangsung, secara simbolis dan tunai, penyerahan Program Keluarga Harapan oleh kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Natuna, Kartina Riauwita, Ketua Forum Kita Peduli Sesama Sugianto, Camat Serasan dan Serasan Timur, Kapolsek Serasan dan Serasan Timur, Wakil ketua KPPAD Natuna, kepada penerima manfaat.

(Abdullah Lubis)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top