HMSTimes - What Happened Today? Di Duga Kebiri Kebebasan Pers, Oknum Security PT. BSM Group Rampas Kamera Dan Menghapus Data Jurnalis. | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > Di Duga Kebiri Kebebasan Pers, Oknum Security PT. BSM Group Rampas Kamera Dan Menghapus Data Jurnalis.

Di Duga Kebiri Kebebasan Pers, Oknum Security PT. BSM Group Rampas Kamera Dan Menghapus Data Jurnalis.

HMSTimes.com,  Kayong Utara/Ketapang- Pelecehan dan upaya menghalangi tugas Jurnalis saat mengadakan peliputan terulang kembali, Kali ini menimpa wartawan HMSTimes.com yang sedang meliput aksi mogok kerja di PT.BSM Group yang berkedudukan Di Desa Sui Awan Kecamatan Muara Pawan Ketapang.

Berawal saat jurnalis mendapat informasi bahwa akan ada aksi mogok kerja karyawan yang menuntut hak mereka kepada manajemen perusahaan. Senin (12/3/2018) pagi sekitar pukul 06.30 wib, Ali wartawan HMSTimes.com meluncur ke lokasi dengan mengikuti karyawan yang bekerja di sana,  setiba di tempat para karyawan yang mengatasnamakan FORUM SOLIDARITAS KARYAWAN sudah ramai berkumpul, dan Ali pun mengabadikan suasana dengan vidio dan beberapa foto, jelasnya

” Saat saya tiba di lokasi karyawan sudah berkumpul dan saya pun langsung mengabadikan nya dengan beberapa vidio dan foto, kemudian saya membaur dalam kerumunan masa dan sempat berbincang dengan beberapa karyawan mencari keterangan,” cerita Ali.

“Saat para karyawan masuk ruangan rapat,  saya ikut masuk tanpa ada yang bertanya dan menghalangi, tampak di dalam ada dua oknum berseragam polisi dan securiti serta beberapa perwakilan karyawan, sayapun kembali mengambil vidio, setelah selesai saya hendak keluar dan tiba-tiba salah seorang security bertanya anda siapa dan dari mana? Saya jawab bahwa saya dari Media, ketika saya hendak menunjukan kartu pers, kamera saya di rampas dan di hapus semua vidio tentang aksi dan beberapa vidio lain nya,” lanjut cerita Ali.

Sesuai penuturan Ali,  dia sempat berargumen dengan para oknum dan security, bahkan ia di ancam kalau bakal di keroyok masa, namun karena untuk menghindari hal yang lebih fatal ia keluar dan sempat mengucapkan terimakasih dan bersalaman dengan para penghalau.

“Tak lama berselang seorang security datang menghampiri saya dan bertanya anda sudah isi buku tamu apa belum..? Dengan santai saya jawab belum,  karena untuk jurnalis dalam liputan tak mesti mengisi buku tamu, dan security itu minta saya untuk mengisi buku tamu kemudian saya ikuti  dengan di bonceng oleh oknum security tersebut. Sesampai di pos jaga saya isi buku tamu kemudian saya di tahan di pos tidak di ijinkan meliput kembali, merasa tak bisa meliput akhirnya saya minta pulang,” tutup Ali.

Kejadian tersebut menambah daftar pengebirian kebebasan pers yang jelas-jelas di lindungi oleh undang-undang pers no 40 tahun 1999 oleh oknum-oknum yang  tidak  memahami tugas jurnalis dan bertindak seperti preman jalanan.

Dari beberapa kejadian yang di alami jurnalis di tanah air masihkah kebebasan pers dan keterbukaan informasi akan terjamin…? Hal ini menjadi PR besar yang harus di jawab.

 

Erwin

Editor : A.Z

One thought on “Di Duga Kebiri Kebebasan Pers, Oknum Security PT. BSM Group Rampas Kamera Dan Menghapus Data Jurnalis.

  1. ini PR saya buat untuk abg yg punya link n yang menyapai kan berita…. soal penyamapaian masalah judul berita yang seharusnya abg buat dengan asal-asal an!!! seharus nya bukan ”pt.bsm group” melainkan oknum ”pt.ketapang ecology and agriculture forestry industrial park”.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top