HMSTimes - What Happened Today? Bupati dan Wakil Bupati Kayong Utara Terpilih Bersamaan hadiri Syukuran Yang diadakan Masyarakat | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > Bupati dan Wakil Bupati Kayong Utara Terpilih Bersamaan hadiri Syukuran Yang diadakan Masyarakat

Bupati dan Wakil Bupati Kayong Utara Terpilih Bersamaan hadiri Syukuran Yang diadakan Masyarakat

Ali muhamad Ketua Aliansi Masyarakat Peduli Gunung Tujuh menyampaikan Alasan penolakan terhadap ekploitasi pertambangan.

HMSTimes.com, Ketapang, Teluk Batang – Selasa 7 agustus 2018, bertempat di gedung serba guna desa Teluk Batang Selatan telah dilaksanakan sebuah acara syukuran oleh masyarakat guna memperingati setahun dihentikannya aktifitas pertambangan di kawasan Gunung tujuh kecamatan Telukbatang, yang di rangkai dengan syukuran telah ditetapkanya Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada Pilkada Juni 2018 lalu oleh KPU, sekaligus syukuran atas terpilihnya 5 putra Kecamatan Telukbatang sebagai calon Bintara Polri.

Dalam rangkaian acara di isi dengan  doa bersama dan sambutan sambutan serta kesan dan pesan.

Ketua Aliansi Masyarakat Peduli Gunung Tujuh  Ali muhamad yang biasa di panggil Verry liem dalam sambutannya menyampaikan lika liku perjuangan msyarakat kecamatanTeluk Batang dalam mempertahankan gunung dan menolak rencana aktifitas pertambangan yang akan dikelola oleh Perusahaan Asing(Korea)hingga di hentikannya saat msyatakat melakukan aksi demo di kantor Bupati pada 7 juli 2017 lalu.

Penolakan  masyarakat yang telah berlangsung sejak 12 juni 2015 memancing kemarahan warga karena penolakan yang disampaikan dengan surat tidak mendapat tanggapan positif dari pemerintah Kabupaten kala itu, sehingga warga beramai ramai mendatangi Kantor Bupati yang di komandoi oleh Ali muhamad.

Ali menyampaikan beberapa alasan mendasar kenapa warga bersi kukuh mempertahan gunung dan menolak tambang.

H.Efendi Ahmad,S.Pdi Wakil Bupati terpilih 2018-2023

” Kenapa kami pertahankan Gunung? Kami menolak Ekploitasi karena ada alasan mendasar,sebab di kawasan gunung tujuh adalah merupakan satu satunya Sumber air bersih bagi kehidupan masyarakat Kecamatan Teluk Batang, Gunung Tujuh mempunyai Nilai sejarah yang penting, gunung tujuh berada di tengah pemukiman masyarakat yang di apit dua desa yakni desa Alur Bandung dan Teluk Batang Selatan, ada bnyak fasilitas Umum seperti sekolah rumah ibadah dan Pemakaman,” sebut Ali.

Ali juga mengkhawatirkan terjadinya polusi udara kalau rencana aktifitas pertambangan tersebut terus berkelanjutan, apalagi dengan menggunakan bahan peledak atau dinamit, tenaga kerja yang akan terserap juga minim mengingat sumberdaya manusia yang masih kurang, yang tentu hanya segelintir orang yang diuntungkan.

Ali juga menyoroti kegiatan galian C yang di nilai akan merusak keberadaan Gunung, ia Meminta agar para penambang liar(yang mengambil tanah gunung) agar di tertibkan jika tidak jangan salahkan kalau masyarakat yang bertindak.

Drs.Citra Duani Bupati terpilih dalam kesempatan itu menyampaikan ribuan terimakasih kepada Masyarakat Telukbatang yang telah memenangkan dirinya yang berpasangan dengan H.Efendi Ahmad dalam pilkada lalu, ia berjanji akan merealisasikan janji janji kampanyenya kepada warga diantaranya akan membangun embung penampung air di kawasan Gunung tujuh, akan melanjutkan pembngunan inprastruktur yang masih tertunda, melanjutkan progam kesehatan gratis dan pendidikan gratis hingga jenjang SMA/ SMK sederajat.

H.Efendi Ahmad,S.Pdi Wakil Bupati yang telah ditetapkan juga berkesempatan mengucapkan terimakasih kepada ratusan warga masyarakat yang hadir yang telah memberikan kepercayaan pada dirinya dan Citra Duani untuk memimpin pemerintahan Kabupaten Kayong Utara 5 tahun kedepan, H.Efendi megatakan tanpa dukungan masyarakat roda pemerintahan tidak akan berjalan baik, Dirinya juga menypaikan bahwa dalam waktu dekat ini telah akan dibangun Pondok pesantren Tahfidz Qur’an dan Perguruan Tinggi di Kayong Utara.

Acara di tutup dengan doa bersama yang di pimpin oleh As Ra’i selaku imam masjid, untuk memohon kepada Yang Kuasa akan keselamatan dan kemanan serta kedamaian bagi warga masyarakat Kecamatan Teluk batang dan Kayong Utara yang di huni oleh berbagai etnis suku, agama dan budaya yang berbeda.

(Tries)

Editor : A.Z

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top