HMSTimes - What Happened Today? Bola Panas Sudah Ditangan Pemerintah Daerah, Natuna, Anambas Dan Lingga | HMSTIMES
You are here
Home > HMSTravel > Destinations > Bola Panas Sudah Ditangan Pemerintah Daerah, Natuna, Anambas Dan Lingga

Bola Panas Sudah Ditangan Pemerintah Daerah, Natuna, Anambas Dan Lingga

Tupa Simanjuntak, Ketua DPD Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI),Kepri

HMSTimes.com, Natuna – Saat ini jika kita hanya bisa terpaku karena faktor aksesbilitas yang sulit dan mahal ke Natuna. Tidak akan pernah bisa mengembangkan destinasi tujuan wisata. Berkolaborasi dengan PT Pelayaran Indonesia (PELNI), merupakan salah satu terobosan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Natuna, Anambas dan Lingga.

Maka dengan begitu, seiring harapan dan semangat kebersamaan, bisa membuka akses ke Natuna, untuk pengembangan pariwisata. Hal ini disampaikan Ketua DPD Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI),Kepri, Tupa Simanjuntak, dihubungi HMSTimes.com, (6/1/2019).

“Januari 2019, GIPI Kepri bersama seluruh kabupaten kota di Kepri akan membahas ini semua dalam forum GIPI Talk, yaitu membahas semua permasalahan pariwisata dengan memformulasikan solusi-solusi terbaik”.

“Bola panas sudah ditangan pemerintah daerah Natuna, Anambas dan Lingga. Pertanyaannya, apakah mau segera berkolaborasi ?.

DPD GIPI Kepulauan Riau, mencoba bersama Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna, Anambas, Lingga dan juga PT PELNI. Berkolaborasi dalam menciptakan strategi ini sudah harus dilakukan, tidak dapat berjalan sendiri-sendiri lagi,” jelasnya.

Menjalin kolaborasi dengan PT PELNI, agar dapat membuka akses ke destinasi-destinasi pariwisata di tiga kabupaten ini, sangat luar biasa indahnya (Wonderful Kepri). Kita upayakan agar nantinya PT PELNI mau merenovasi kapal penumpangnya menjadi kapal wisata yang dapat mengitari Batam, Tanjungbalai Karimun, Natuna, Anambas dan Lingga. Semula kapal penumpang untuk 1.000 penumpang dapat direnovasi menjadi 300-400 kamar penumpang, sehingga faktor kelemahan amenitas di kabupaten tersebut dapat dipecahkan dengan solusi ini,” kata Tupa Simanjuntak.

Tupa juga mengatakan Provinsi Kepulauan Riau memiliki komposisi yang unik, sebab terdiri dari 4% daratan, dan 96% perairan / lautan. Dengan lautan yang begitu mendominasi, tempat wisata menawan di Provinsi Kepulauan Riau juga didominasi oleh wisata pulau, laut, dan pantai.

Tantangan berat bagi pariwisata Kepulauan Riau di tahun 2019, untuk mencapai target kunjungan 4 juta wisatawan mancanegara. Selama ini arus masuknya wisman masih didominasi Batam, Bintan dan Tanjungpinang. Sudah waktunya secara bersama sama, memberikan perhatian khusus, untuk kabupaten Natuna, Anambas dan Lingga dimana faktor aksesbilitas dan amenitas masih menjadi kendala sehingga arus wisman yang masuk ketiga kabupaten tadi belum begitu maksimal.” Pungkasnya.

(Abdullah Lubis)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top