HMSTimes - What Happened Today? BKN Serahkan Nota Perimbangan KP,Pertimbangan Teknis Dan SP Pensiun PNS Provinsi, Kabupaten, Kota, Se Wilayah Kepulauan Riau. | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > BKN Serahkan Nota Perimbangan KP,Pertimbangan Teknis Dan SP Pensiun PNS Provinsi, Kabupaten, Kota, Se Wilayah Kepulauan Riau.

BKN Serahkan Nota Perimbangan KP,Pertimbangan Teknis Dan SP Pensiun PNS Provinsi, Kabupaten, Kota, Se Wilayah Kepulauan Riau.

HMSTimes.com, Natuna- Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Dr. Ir Bima Haria Wibisana, berkunjung ke Kabupaten Natuna dalam rangka acara penyerahan nota pertimbangan kenaikan pangkat, pertimbangan teknis dan Surat Keputusan (SK) pensiun Pegawai Negeri Sipil (PNS) provinsi, kabupaten, kota se wilayah Kepulauan Riau, Kamis (05/07/2018).

Kedatangan Dr. Ir Bima Haria bersama rombongan disambut oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Natuna, Wan Siswandi, di Bandara RSA beserta OPD. Setelah itu, rombongan langsung bergerak ke Gedung Sri Serindit untuk melaksanakan acara.

Pada kesempatan tersebut, Wan Siswandi mengatakan, bahwa Kabupaten Natuna dulu dibilang sebagai daerah terbelakang, sekarang telah menjadi beranda terdepan NKRI. Untuk itu, Wan Siswandi mengharapkan perhatian khusus dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian, ketika ada tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara nasional agar putra daerah lebih diprioritaskan dan diperhatikan.

Pemerintah pusat dalam kaitan ini  Natuna berharap putra daerah menjadi prioritas yang sebagai perhatian pusat. Dikarenakan 99% wilayah Natuna adalah laut. Dengan demikian masyarakat banyak berdomisili di Pulau-Pulau. Diharapkan putra daerah menjadi prioritas dalam pengangkatan Pegawai. Berharap kepada pihak BKN untuk memberikan perhatian untuk diperhatikan.” Kenapa putra daerah harus diprioritaskan dan diperhatikan? Ini karena Kabupaten Natuna terdiri dari pulau-pulau. Ketika seseorang yang berasal dari luar Natuna lulus tes dan ditempatkan di pulau-pulau, bisa-bisa stres dan kinerja yang diharapkan tidak tercapai. Kalau putra daerah pasti sudah terbiasa dengan situasi daerahnya.” Terangnya Wan Siswandi.

Untuk itu, Wan Siswandi berharap dengan kondisi ini menjadi pertimbangan bagi pusat dalam penerimaan CPNS nanti dan kuota CPNS ditambah, mengingat Natuna juga merupakan daerah pertahanan yang nantinya akan banyak prajurit yang harus diimbangi dengan pelayanan dari ASN.

Sementara itu, Kepala BKN, Bima Haria mengatakan, penerimaan CPNS harus disesuaikan dengan kebutuhan dan bidangnya masing-masing daerah sesuai aturan yang berlaku. Kata Bima, boleh saja putra daerah diperhatikan dan dimudahkan dalam penerimaan CPNS, namun harus sesuai bidang mereka.

Untuk itu, Bima Haria menghimbau agar Sumber Daya Manusia (SDM) daerah ditingkatkan agar kebutuhan dan bidang yang akan diujikan bisa terpenuhi. Penerimaan CPNS,  Bima Haria mengatakan pemerintah tidak ada kata kompromi, tidak ada istilah titipan dari orang-orang tertentu. Semua akan dites sesuai dengan kemampuan CPNS.

Konseptual sumber daya aparatur ASN, suka tidak suka, mau tidak mau harus mengedepankan palsafah undang undang ASN itu sendiri dan memang pentingnya pemahaman metodologi, yang berhubungan langsung dengan formasi,pengembangan dan peningkatan jabatan,serta pensiun. Perencanaan kepegawaian harus melalui proses dengan aturan dan peraturan yang berlaku.” PNS harus mengedepankan loyalitas, artikulasi definisi dalam pelayanan publik.” Jelasnya.

BKN sudah mempersiapkan segalanya terkait sentra dan formasi kepegawaian dengan segala kesiapan Pemkab Natuna atau daerah yang lain,yang berhubungan langsung dengan tes yaitu jaringan internet,komputer dan daya listrik agar dipenuhi. Agar supaya tidak menjadi kendala apabila nantinya ada tes.“ Anak Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu tidak lulus tes CPNS. Jadi tidak ada istilah titipan. ” Jelasnya Bima Haria.

( Lubis )

Editor : A.Z

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top