HMSTimes - What Happened Today? Beberapa Vitamin Yang Dibutuhkan Di Usia 40-an | HMSTIMES
You are here
Home > HMSHealth > Berita Sehat > Beberapa Vitamin Yang Dibutuhkan Di Usia 40-an

Beberapa Vitamin Yang Dibutuhkan Di Usia 40-an

 

HMSTimes.com, Batam – Menjelang usia 40 tahun kemampuan tubuh dalam melawan penyakit mulai menurun. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh di usia tua dengan mengkonsumsi makanan sehat dan perlu vitamin sebagai pelengkap. saat memasuki usia tua. Ada beberapa vitamin yang harus terpenuhi saat Anda memasuki usia 40-an. Apa saja vitamin tersebut?

  1. Vitamin B12

Saat memasuki usia 40 tahun, Anda membutuhkan vitamin B12 yang baik untuk darah dan otak. Vitamin B12 bisa didapatkan dari produk-produk hewani seperti hati sapi, udang, kerang, ikan kakap, dan salmon. Rutin mengonsumsi vitamin B12 saat memasuki usia tua adalah kebiasaan baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

  1. Vitamin D

Kekurangan vitamin D adalah sebuah masalah besar, terutama saat Anda memasuki usia tua. Kekurangan vitamin D dikaitkan dengan penyakit rakitis (suatu gangguan pada tulang yang sedang tumbuh, karena kalsium gagal disimpan dalam tulang), osteoporosis (pengeroposan tulang), dan osteomalasia (kelainan pada tulang yang menyebabkan tulang menjadi lunak sehingga mudah patah).

Vitamin D juga sangat dibutuhkan tubuh karena membantu penyerapan kalsium di dalam tubuh. Sumber vitamin D bisa didapatkan dari ikan, susu, dan biji-bijian. Sementara itu, matahari adalah sumber vitamin D terbaik.

  1. Magnesium

Fungsi utama magnesium adalah membantu mengatur tekanan darah, terutama bagi wanita usia 40 tahun ke atas. Kekurangan magnesium juga telah dikaitkan dengan penyakit jantung dan diabetes. Sumber magnesium terdapat pada sayuran hijau gelap, kacang-kacangan, kedelai, biji-bijian, dan alpukat. Terlalu banyak konsumsi magnesium tidak mengancam kesehatan, tetapi bisa menyebabkan diare, mual, atau kram.

  1. Kalsium

Memasuki usia 40 tahun, tubuh memang membutuhkan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang. Namun, Anda tidak perlu berlebihan mengonsumsi kalsium. Sebuah penelitian mengungkapkan, peningkatan konsumsi kalsium terkait dengan peningkatan risiko jantung dan stroke pada wanita yang memasuki masa menopause. Untuk wanita berusia 40-50 tahun, kalsium yang dibutuhkan adalah 1.000 mg per hari. Sementara itu, kebutuhan kalsium orang yang memasuki usia di atas 50 tahun yaitu 1.200 mg per hari.

  1. Omega-3

Asam lemak omega-3 adalah salah satu daftar nutrisi yang harus dikonsumsi untuk seseorang yang memasuki usia 40-an. Penelitian telah menunjukkan, omega-3 membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, mengurangi risiko penyakit jantung, serta berperan dalam menjaga daya ingat. Anda bisa mendapatkan omega-3 dari makanan seperti ikan, buah kenari, biji rami (flaxseed), dan sayuran.

Anda dapat menghambat munculnya penyakit pada usia 40-an dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin. Selain itu, Anda juga perlu berolahraga sejak dini secara teratur. Dengan demikian, Anda mampu menyongsong masa tua dengan tubuh lebih sehat.*

Sr

Sumber klikdokter.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top