HMSTimes - What Happened Today? Batam Kembali Mendapatkan 8 Ribu Blanko E- KTP Tambahan | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > Batam Kembali Mendapatkan 8 Ribu Blanko E- KTP Tambahan

Batam Kembali Mendapatkan 8 Ribu Blanko E- KTP Tambahan

HMSTimes.com, Batam- Menindak lanjuti polemik kekosongan/ kurangnya blanko KTP elektronik, Pemko Batam melaluai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam kembali mengajukan permohonan tambahan blanko KTP elektronik ke kementerian dalam negeri.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam kembali mendapat tambahan blanko KTP-elektronik. Kepala Disdukcapil, Said Khaidar mengatakan 8 ribu blanko tersebut dijemput ke Kementerian Dalam Negeri, Jumat pekan lalu.

“Delapan ribu ini kita bagi rata di 12 kecamatan. Kita akan panggil kecamatan. Database kami sudah punya, tapi membutuhkan pengajuan dari masing-masing camat, karena mereka yang mengetahui data lanjutan yang harus dicetak,” kata Said di Sekupang, Selasa (24/10).

Ia akui tambahan yang kesekian kalinya ini belum sepenuhnya menutupi kebutuhan Batam. Menurutnya kebutuhan blanko KTP-elektronik di Batam hingga kini mencapai 58 ribu keping. Artinya Disdukcapil masih membutuhkan tambahan 50 ribu keping blanko.

Saat ini, kata Said, terdapat 10 mesin cetak KTP-elektronik yang ada di kantor Disdukcapil. Bila tidak ada masalah dalam proses pencetakan, delapan ribu keping blanko ini akan selesai dalam empat hari kerja.

“Prioritasnya sama seperti sebelumnya. Kami dahulukan pemula. Sedangkan yang rusak dan hilang menunggu dulu,” kata dia.

Menurut Said, Disdukcapil berusaha optimal dalam pencetakan KTP-elektronik. Karena hal ini akan mempengaruhi penilaian pusat terhadap daerah terkait penambahan blanko. Artinya jika pemerintah daerah cekatan dalam distribusi KTP-elektronik, pusat akan kembali menambah pasokan blanko.

“Prinsipnya blanko akan ditambah jika Pemda menyelesaikan pencetakan. Makanya kami kejar penyelesaian pencetakannya. Dan berharap bisa mendapat tambahan blanko. Sehingga tahun ini kami bisa merampungkan pencetakan pengajuan yang masih menumpuk,” kata Said.

Penambahan di bulan Oktober ini merupakan kelima kalinya Batam mendapat blanko KTP-el dari Kementerian Dalam Negeri sepanjang tahun 2017. Pertama kali pada bulan April, Batam menerima 10 ribu blanko. Kemudian ditambah 30 ribu di bulan Mei. Hingga Juli, Batam sudah menerima total 42 ribu keping blanko.

Selanjutnya penambahan 4 ribu keping di bulan September, dan 8 ribu di Oktober. Sehingga total hingga Oktober, Batam sudah mendapat 54 ribu blanko KTP-elektronik dari pusat.(*)

A.Z

Editor : A.Z

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top