HMSTimes - What Happened Today? Awas!! PT WHW - AR Segera Di Hukum Adat Oleh DAD Kecamatan | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > Awas!! PT WHW – AR Segera Di Hukum Adat Oleh DAD Kecamatan

Awas!! PT WHW – AR Segera Di Hukum Adat Oleh DAD Kecamatan

HMSTimes.com Ketapang — Sejak beroperasi nya PT. Well Harvest Winning Alumina Refeneri (whw-ar) yang berdomisili di desa mekar utama kecamatan kendawangan kabupaten ketapang kalbar. Hingga sekarang ini belum menunjukan dan terkesan mengenyampingkan ulayat hidup adat disekitar lingkungan perusahaan asing tersebut.

Juga terindikasi menutup mata tentang kehidupan di salah satu perkampungan yang tidak jauh letak nya dengan perusahaan, pasalnya, jalan masyarakat tersebut yang di beri nama jalan Padat Karya yang oleh PT. Whw-ar di gusur seenak nya saja tanpa ada pemberitahuan kepada masyarakat sekitar, apa lagi masyarakat sekitar notabene suku Dayak, yang sudah tentu menyunjung tinggi adat budaya mereka.

Wakil ketua dari Dewan Adat Dayak (DAD) kecamatan kendawangan Junaidi menerangkan” selama ini kami merasa di jajah di tanah kelahiran kami sendiri, banyak hak hak kami dirampas begitu saja oleh perusahaan asing tersebut, dalam waktu dekat ini kami akan memberikan sedikit soktrapi untuk PT. Whw -ar berupa hukum adat kami.

Pasalnya jalan padat karya, dari silingan menuju mungguk mereka gusur tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu kepada kami” terang dia kepada HMSTimes.com (24/11)

Lanjut dia, secepat nya saya akan panggil temenggung temunggung adat, guna membahas permasalahan PT whw-ar yang sudah menggusur jalan tersebut, nantinya kami akan mengundang juga para media untuk ikut dalam rapat koordinasi tersebut” tutup dia.

Erwin

Editor : A.Z

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top