HMSTimes - What Happened Today? Abdullah Lubis : Momen Mudik Tinggal Menunggu Hari,Pentingnya Kesadaran Utamakan Keselamatan Pelayaran | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Fokus > Abdullah Lubis : Momen Mudik Tinggal Menunggu Hari,Pentingnya Kesadaran Utamakan Keselamatan Pelayaran

Abdullah Lubis : Momen Mudik Tinggal Menunggu Hari,Pentingnya Kesadaran Utamakan Keselamatan Pelayaran

HMSTimes.com, Natuna – Agenda perjalanan Balik Kampong atau kata lainnya mudik diwaktu saat mendekati lebaran,adalah merupakan sebuah kegiatan masyarakat setiap tahun untuk berkumpul dengan sanak saudara di sebuah tempat untuk merayakan hari lebaran idul fitri 1439H/2018.Tentunya kesiapan salah satu armada moda transportasi laut. Harapan seluruh masyarakat, yaitu suasana perjalanan yang aman dan nyaman. Rasa aman dan nyaman tentunya yang berhubungan langsung dengan Keselamatan penumpang. Satuan kesatuan harapan keselamatan dari sebuah perjalanan menuju ke sebuah destinasi.

Bercermin dari insiden Kandas Dan bocornya KM. Bukit Raya Yang telah berlaku, Momentum Kesadaran semua pihak menjadi tolak ukur untuk menciptakan rasa aman dan nyaman demi keselamatan penumpang dalam perjalanan,menjadi acuan yang tidak bisa dikesampingkan. Secara aturan yang berlaku demi sebuah tujuan harapan kebersamaan terkait perjalanan mudik,para calon penumpang kapal patut dan harus memahami serta melaksanakan himbauan yang diberikan oleh perusahaan moda transportasi laut yang berlaku sesuai aturan dan perundang undang yang berlaku.Tanpa kesadaran semua pihak adalah merupakan awalnya keniscayaan harapan dari rasa aman demi sebuah keselamatan dalam perjalanan tersebut tidak akan bisa dapat tercapai. Salah satunya pemahaman crew kapal terhadap standar Operasional Prosedur, (SOP), segala hal tentang keselamatan dan penggunaan fasilitas keselamatan penumpang.

Terkait hal “Utamakan Keselamatan” ini juga tentunya pihak perusahaan yang bergerak di bidang pelayaran berupa transportasi masyarakat juga harus mengedepankan atau menjalankan perintah aturan dan peraturan yang berlaku. Salah satunya terkait jumlah penumpang yang seharusnya sesuai dengan kapasitas jumlah penumpang kapal yang ditetapkan,(Manives), sehingga proses dalam perjalanan tidak terjadinya pelanggaran aturan, dan sebuah langkah menghindari sebuah insiden akibat penumpang yang berlebihan. Utamakan Keselamatan adalah merupakan sebuah harapan besar kita bersama dalam perjalanan mudik.

Prinsip “Utamakan Keselamatan” yaitu butuhnya kesadaran operator atau steakholder penyedia jasa transportasi laut,serta pengawasan dan pantauan dari instansi yang terkait dalam hal ini, harapan dari undang undang pelayaran, Intruksi Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan dan rute of teh tegulation International Safety Management,(ISM). Betapa pentingnya kesiapan seluruh armada transportasi laut dalam memberikan sistem perlengkapan atau prasarana transportasi tersebut dalam keadaan berfungsi dengan baik,dengan kata lain siap berfungsi dan layak untuk beroperasi. Terkait jiwa penumpang sebagai konsumen yang membutuhkan rasa aman,nyaman dan selamat dari sebuah perjalanan yang menggunakan moda transportasi laut yang mengantarkan penumpang ke sebuah tujuan, selaras harapan kebersamaan yang berhubungan dengan kewajiban, hak dan tanggungjawab untuk mewujudkan Keselamatan,sebuah tuntutan kebersamaan dalam momen perjalanan mudik 2018.(**)

Editor AZ

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top